Alter Dipisahkan dari Tahanan Wanita

Bersikeras Pria, Alter Dipisahkan dari Tahanan Wanita
Indra Subagja - detikNews


dok pribadi/facebook
Jakarta - Alterina Hofan (32) ditahan di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, yang khusus bagi perempuan. Suami Jane Deviyanti (23) ini ditahan di sel tersendiri, tidak bercampur dengan tahanan lain.

"Dia sendirian, karena berdasarkan keterangan Kejaksaan Tinggi hasil pemeriksaan lab kedokteran kepolisian dan sampel DNA secara genetik dia perempuan. Tapi dia bersikeras laki-laki," kata staf Rutan Pondok Bambu, Lukman, saat dihubungi detikcom, Senin (3/5/2010).

Karena alasan hasil laboratorium itu, Alter diterima di Rutan Pondok Bambu. Tapi melihat secara fisik dan pengakuan yang bersangkutan bahwa dia seorang pria, Rutan Pondok Bambu lantas mengambil kebijakan khusus.

"Penempatan terpisah dapat dilakukan sesuai peraturan menteri yakni apabila ada hal khusus menyangkut hal yang dilematis. Karena itu Rutan mengambil kebijakan demikian," ujarnya.

Apakah dengan sosok Alter yang pria, ada tanggapan berbeda dari tahanan perempuan yang berada di sana? "Enggak, biasa saja," jawabnya.

Keluarga Jane yang tidak rela putrinya dinikahi Alter, melaporkan Alter ke Polda Metro Jaya dengan nomor LP2907/K/X/2009/SPK Unit I tanggal 12 Oktober 2009. Alter dijerat dengan pasal 266 KUHP tentang pemalsuan identitas dalam akta otentik, juncto pasal 263 KUHP dan pasal 378 KUHP tentang penipuan.

Setelah proses penyidikan di Polda Metro Jaya dinyatakan P21 (lengkap), Alter akhirnya dilimpahkan ke Kejati DKI. Selama proses pemeriksaan di Polda Metro, Alter tidak ditahan karena istrinya, Jane, menjaminkan dirinya. Setelah dilimpahkan ke Kejati DKI, Alter akhirnya masuk bui di Rutan Wanita Pondok Bambu, guna menunggu persidangan. (ndr/nrl)

sumber: http://www.detiknews.com/read/2010/05/03/153938/1350249/10/bersikeras-pria-alter-dipisahkan-dari-tahanan-wanita

Facebook Twitter RSS