Kisah Orang yang ditawari Jadi Pelaku Bom Bunuh Diriyang

Ini kisah Ahmadi alias Ahmad Jenggot, 39 tahun. Lelaki miskin penjaga kandang ayam di sebuah desa di Cilacap Jawa Tengah, itu mengaku pernah ditawari oleh gembong teroris Noordin M Top untuk menjadi pelaku bom bunuh diri.

Ahmadi ketakutan. Ia lalu menyerahkan diri kepada aparat desa pada hari Rabu (22/7) dan langsung dijemput petugas dari pasukan Detasemen Khusus 88 Anti Teror Markas Besar Kepolisian RI. Begitu koran dan televisi memberitakan.

Masyarakat Indonesia lega. Kalau saja Ahmadi tidak menyerah, mungkin ada bom yang meledak lagi. Entah dimana dan membawa korban mati berapa. Untunglah tindakan teror biadab itu tidak terjadi.

Tapi, berapa banyak orang yang ditawari, dipersiapkan, dan dicuci otaknya, untuk menjadi pelaku bunuh diri kemudian menolak dan menyerah seperti Ahmadi?. Lumayan banyak jumlahnya.

Yang mengherankan banyak orang adalah mengapa ada orang yang mau direkrut menjadi pelaku bom bunuh diri? Mengapa ada orang yang mau melakukan tindakan teror dan kekerasan atas nama agama?

Facebook Twitter RSS